00.09 | Posted in
Mengenal dan Mencegah KatarakDisember 23, 2008 — zidni
Katarak atau Cataract, merupakan penyakit yang membuat lensa alami pada bola mata berubah menjadi keruh, selanjutnya sinar atau bayangan benda yang dilihat tidak dapat diteruskan ke saraf mata karena keruhnya lensa tersebut. Katarak sendiri umumnya menimpa sesorang yang telah memasuki usia senja, walau tidak tertutup kemungkinan menyerang anak-anak.
Katarak sendiri dapat dibeagi menjadi 4 jenis katarak, berdasarkan penyebabnya, sebagai berikut:
Katarak Kongenital, yaitu katarak yang menimpa bayi dan anak-anak, katarak ini terjadi karena adanya infeksi atau kelainan metabolisme selama masa pembentukan janin.
Katarak Senilis, yaitu katarak yang disebabkan oleh penuaan atau proses degeneratif dan umumnya menimpa orang yang berusia diatas 70 tahun.
Katarak Traumatik, yaitu katarak yang disebabkan oleh trauma atau kecelakan pada mata, seperti terkena pukulan pada mata.
Katarak Komplikata, yaitu katarak yang disebabkan infeksi komplikasi penyakit tertentu seperti diabetes mellitus atau hipertensi.
Katarak sendiri merupakan penyakit yang hanya bisa diobati melalui jalan operasi, oleh karena itu pencegahan katarak adalah cara terbaik. Cara terbaik untuk mencegah katarak adalah dengan menjaga pola makan bergizi yang baik untuk proses metabolisme, seperti konsumsi buah dan sayuran serta menjaga agar tidak terjadi trauma atau kecelakaan pada mata.
Category:
��
Link ke posting ini