20.23 | Posted in
Apa Itu Penuaan
Manusia didalam hidupnya akan mengalami beberapa masa yang secara garis besar terbagi atas empat masa yaitu masa kecil atau kanak-kanak, lalu masa remaja, masa dewasa, dan yang terakhir masa tua. Setiap orang yang hidup didunia ini pasti akan melewati ke empat masa ini. Pada masa kanak-kanak dan remaja, hidup manusia rata-rata mengalami kesehatan yang prima. Kalaupun seorang anak mengalami sakit, maka masa penyembuhan mereka relatif sangat cepat. Akan tetapi ketika mulai menginjak ke masa dewasa dan bahkan masa tua, hidup seseorang akan mengalami masalah-masalah pada kesehatannya seperti misalnya kencing manis, darah tinggi, jantung koroner, dan masih banyak lagi penyakit-penyakit yang biasanya disebut penyakit tua. Ternyata ketika seseorang menginjak masa dewasa, mereka mengalami proses yang dikenal dengan proses penuaan. Jadi proses penuaan ini adalah proses menurunnya kinerja-kinerja yang ada di dalam tubuh manusia. Menurut hasil penelitian Dr. Daniel Rudman yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, ternyata penuaan dikategorikan sebagai suatu penyakit, dan penyakit penuaan disebabkan karena kekurangan salah satu hormon. Hormon tersebut adalah hormon pertumbuhan manusia.
Gambar 1 Dr Daniel Rudman
Efek dari kekurangan hormon pertumbuhan manusia ini ternyata mempengaruhi ukuran dan fungsi dari organ-organ yang terdapat di dalam tubuh. Sebagai contoh adalah pada otak dan ginjal.
Gambar 2 Otak Mengecil
Pada gambar 2 terlihat terjadi penciutan otak sebanyak 30% pada otak seseorang yang berumur 70 tahun. Tidak heran manusia pada umur 70 akan mengalami pikun-pikun dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan otak seperti Parkinson.
Gambar 3 Ginjal Mengecil
Pada gambar 3 terlihat pula organ ginjal pada manusia berumur 70 tahun yang mengalami penciutan dan warnanya yang menghitam. Dan akibat dari penciutan ini adalah menurunnya fungsi ginjal dan pada tingkat terendah, seseorang akan kehilangan fungsi ginjalnya yang biasa dikenal dengan nama gagal ginjal. Selain otak dan ginjal, sebetulnya seluruh organ yang ada di tubuh manusia seperti kulit, jantung, paru-paru, dan organ yang lain juga ikut menurun fungsinya. Tidak heran pada seseorang yang berumur 70 tahun, mereka akan mengalami banyak sekali persoalan di kesehatan mereka. Lalu mengapa seseorang mengalami penuaan? Ada tiga faktor yang sangat mempengaruhi penuaan tersebut.
Gambar 4 Penyebab Penuaan
Dua point pertama adalah penyebab penuaan yang datangnya dari luar diri manusia yaitu cara hidup dan oxidasi. Cara hidup yang tidak sehat seperti jarang atau tidak pernah olah raga, makan makanan yang berlemak, kurang makan serat, kurang istirahat, Stress yang tinggi, dan masih banyak lagi gaya hidup yang sering dijumpai di kota-kota besar. Lalu oxidasi bentuknya seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor, zat-zat pengawet, dan bahan-bahan kimia yang ada di sekeliling kita. Kedua penyebab inilah yang datang dari luar tubuh manusia. Penyebab kedua yang tidak kita sadari yaitu kekurangan hormon.
Gambar 5 8 Hormon Utama Manusia
Pada gambar 5 terlihat ada delapan hormon utama pada manusia. Testosterone, progesterone, dan estrogen adalah hormon yang bertanggung jawab atas reproduksi manusia. Berkurangnya hormon ini akan mengakibatkan menopause pada wanita dan andropause pada pria. Lalu hormon DHEA adalah hormon yang bertanggung jawab menurunkan resiko seseorang terkena kanker. Seseorang yang kekurangan hormon ini, resiko terkena kankernya jauh lebih tinggi daripada yang kadar hormon DHEA-nya normal. Hormon insulin adalah hormon yang bertanggung jawab didalam metabolisme glukosa (gula) di dalam darah. Kekurangan hormon ini akan berakibat seseorang menderita penyakit diabetes mellitus (kencing Manis).Hormon yang lain adalah hormon thyroid. Hormone ini bertanggung jawab terhadap metabolisme di dalam tubuh. Kekurangan hormon ini akan berakibat terganggunya metabolisme di dalam tubuh. Lalu Hormon yang lain adalah hormon Melatonin. Hormon ini bertanggung jawab mengatur fungsi tidur di dalam tubuh manusia. Kekurangan hormon ini akan berakibat seseorang sulit untuk tidur, atau kualitas tidur seseorang akan rendah. Lalu hormon yang paling utama adalah hormon Pertumbuhan manusia (HGH). Hormone ini bertanggung jawab untuk mengatur pertumbuhan pada diri seseorang. Selain untuk pertumbuhan, ternyata produksi hormon ini sangat mempengaruhi produksi hormon lainnya di dalam tubuh manusia. Kekurangan hormon ini pada masa kecil akan menghambat pertumbuhan anak tersebut. Ternyata menurut hasil penelitian Dr Daniel Rudman, didapati setiap sepuluh tahun produksi HGH di dalam tubuh manusia menurun sebanyak 17%.
Gambar 6 Grafik Penurunan HGH
Pada umur 20 tahun, Produksi HGH didapati sebanyak 500 mikrogram, sedangkan pada usia 80 tahun, produksi HGH didapati hanya sebesar 25 mikrogram. Tidak heran seseorang yang berumur 80 tahun akan mengalami banyak sekali sakit penyakit di dalam tubuh mereka. Lalu bagaimana agar kita dapat meningkatkan produksi HGH di dalam tubuh manusia? Ada beberapa cara yaitu dengan :
Gambar 7 Cara Meningkatkan HGH
Cara yang pertama adalah dengan menyuntikkan HGH sintetis ke dalam darah. Cara ini kurang dianjurkan karena selain harganya yang mahal, hormon yang disuntikkan akan mengakibatkan malasnya pabrik HGH (kelenjar Pituitari) di dalam otak manusia akan malas mengeluarkan HGH alaminya. Praktek menyuntikkan HGH sistetis ini hanya boleh dilakukan oleh dokter yang ahli di bidang hormon. Selain itu apabila dosisnya berkelebihan, justru efeknya tidak baik yaitu menyebabkan serangan jantung. Cara yang lain adalah dengan cara yang alami yaitu dengan berpuasa. Seseorang yang berpuasa rutin setiap bulannya dapat meningkatkan kadar HGH di dalam darahnya. Tidak heran seseorang yang sehabis melaksanakan ibadah puasa, air mukanya terlihat lebih cerah dan bersinar. Lalu cara yang kedua adalah dengan berolah-raga. Seseorang yang berolah-raga rutin setiap harinya dapat meningkatkan kadar HGH di dalam darahnya. Tidak heran pula seorang atlit olah raga terlihat segar dan sehat pula. Lalu cara yang ketiga adalah dengan tidur nyenyak. Tidur nyenyak yang dalam ternyata dapat juga meningkatkan kadar HGH di dalam darah. Jadi jumlah jam tidur tidaklah penting, akan tetapi yang lebih penting adalah kualitas tidur itu sendiri. Lalu cara yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi asam amino. Asam amino adalah suatu protein yang sangat penting untuk tubuh manusia. Asam amino didapati terbanyak dikandung di kacang-kacangan terutama kacang kedelai. Gambar 8 Asam Amino
Menurut Dr Ronald Klatz, ada empat asam amino yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh tubuh manusia untuk meningkatkan kadar HGH di dalam darah. Keempat asam amino itu adalah :
Gambar 9 Dr Ronald Klatz
Dengan Mengkonsumsi 4 asam amino ini selama minimal enam bulan, maka secara fisik jam biologis kita akan mundur sejauh 10 sampai 20 tahun lebih muda. Misalnya kita sekarang berumur 50 tahun, setelah mengkonsumsi asam amino selama minimal enam bulan maka kondisi tubuh akan kembali muda seperti pada waktu kita berumur 30 atau 40 tahun, yang dimana mungkin pada umur itu, kondisi tubuh kita masih sehat bugar dan bertenaga.Gambar 10 Kembali Muda
Category:
��

Comments

0 responses to "Cara Sehat"